Selasa, 20 Maret 2012

Arti Kata Kamseupay

Arti kata Kamseupay harus dipahami oleh anda yang suka dengan kata, kalimat atau bahasa gaul. Jika kita cari pada kamus besar bahasa Indonesia, ternyata kata Kamseupay tidak ada, begitupun pada kamus gaul. Dan ternyata ulik punya ulik, istilah kamseupay ini baru populer di tahun 2012 ini. Kamseupay merupakan sebuah singkatan dari Kampungan Sekali Uuhh Payah. Hmm.. sungguh terlalu kata Bang Haji Rhoma (mungkin),ternyata kamseupay adalah singkatan yang terlalu dipaksakan. Tapi, apapun dan bagaimanapun latarbelakang dan artinya, kamseupay faktanya kita sudah banyak digunakan dalam banyak percakapan dan menjadi bahasa gaul sehari-hari dari mereka yang senang dengan istilah-istilah ‘antah berantah.”
Kamseupay, lebay, alay, jijay, bajay, lalay, ngelay, bahanyak sekali istilah atau kata yang berakhiran ‘ay’ – disatu sisi, dalam konteks perbendaharaan bahasa, tentu secara positif bisa dianggap menambah dan memperkaya kosa kata dalam pergaulan. Namun disisi lain, jika menggunakan kaca mata kritis, adanya istilah atau kata baru yang diluar tata bahasa baku dapat merusak bahasa Indonesia yang telah disempurnakan (EYD), walaupun pandangan kritis ini masih dapat dikritisi baik jika dikaitkan dengan asal usul Bahasa Indoneisa sendiri yang merupakan bahasa dengan suku katanya banyak berasal dari bahasa daerah dan bahasa serapan. Dalam pandangan kritis, istilah seperti kamseupay merupakan bagian dari bahasa gaul yang lahir dari budaya pop (pop culture) masa kini yang ‘salah gaul’ dan salah kaprah jika dikaitkan dengan tata bahasa Indonesia yang benar.
Kamseupay artinya Kampungan Sekali Uuhh Payah – anda tertarik menggunakan kata atau istilah ini? Kalau saya ‘mah‘ tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar